DANPUSDIKTOP

Ir.D.Untung Y,M.T.
Kolonel Ctp NRP 32116

Statistik Pengunjung

mod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_countermod_vvisit_counter
mod_vvisit_counterHari ini324
mod_vvisit_counterKemarin313
mod_vvisit_counterMinggu ini1898
mod_vvisit_counterMinggu Kemarin2866
mod_vvisit_counterBulan Ini8089
mod_vvisit_counterBulan kemarin10672
mod_vvisit_counterTotal27999

We have: 25 guests online
Your IP: 52.91.39.106
 , 
Today: Jun 19, 2019
Pembukaan Pendidikan PDF Cetak E-mail
Oleh Administrator   
Rabu, 16 Maret 2011 08:58

Bandung, Senin 14 Maret 2011

PENYELENGGAAN PENDIDIKAN DIKLAPA I DAN DIKTUKBA TAHAP I TNI AD DILAKSANAKAN DI SATDIKPA PUSDIKTOP BANDUNG.

Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat Letjen TNI Budiman sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Pembukaan  Pendidikan Diklapa I TA.2011 terpusat  bertempat di Lapangan Pusennif Bandung. serta  Komandan Pusat Pendidikan Topografi Kodiklat TNI Angkatan Darat Kolonel Ctp Drs. Heru Sri Widianto sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Pembukaan  Pendidikan Pembentukan  Bintara Tahap I TNI AD TA.2011 yang dibuka pada tanggal 14 Maret 2011yang bertempat di Lapangan Satdikpa Pusdiktop Jl. Sariwangi No.69 Bandung. (Bandung 15/3)

Komandan Komando Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Darat Letjen TNI Budiman sebagai Inspektur Upacara pada Upacara Pembukaan  Pendidikan Diklapa I TA.2011 terpusat yang dibuka pada tanggal 14 Maret 2011  bertempat di Lapangan Pusennif Bandung.

            Pada Amanatnya, Dankodiklat TNI AD menekankan  agar Perwira siswa Diklapa I ini dapat dijadikan semangat dan senantiasa berupaya meningkatkan motivasi belajar serta konsenterasi diri kalian demi kelancaran proses pendidikan. Sebagaimana kita ketahui bersama, Diklapa I merupakan pendidikan pengembangan umum untuk jabatan staf setingkat batalyon atau jabatan golongan VII, untuk itu para perwira siswa disiapkan menjadi seorang staf yang memiliki kemampuan perencanaan, analisa untuk membantu pimpinan, sehingga saudara dituntut untuk memiliki kejelian,ketelitian sebagai konseptor yang handal.

Disamping itu diklapa I merupakan salah satu persyaratan untuk mengikuti Diklapa II, oleh karena itu, konsentrasikan pikiran dan kemampuan dirimu untuk belajar, dengan harapan bekal yang saudara dapatkan, dapat diaplikasikandalam pelaksanaan tugas. Sejalan perkembangan kemajuan teknologi, maka dalam rangka meningkatkan sumber daya prajurit, Kodiklat TNI AD telah menerapkan metode pendidikan bagi perwira melalui system e-learning, sehingga kreatifitas dan pemikiran para perwira siswa bisa lebih terbuka dan tidak sebatas mengandalkan ilmu yang diberikan oleh para gumil maupun pelatih. Saudara akan menghadapi perubahan dalam proses pembelajaran dewasa ini untuk mengimbangi tuntutan kemajuan jaman, selain itu ditengah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini yang tidak mungkin dapat dielakan, para perwira ditintut agar mampu memanfaatkan dan mengoperasikan teknologi tersebut sebagai sarana pendukung dalam mempermudah proses pembelajaran secara efektif dan efisien.

Tantangan dinamika perubahan harus dapat dihadapi dan sekaligus dijawab dengan usaha dan upaya untuk melakukan penyesuaian,saya menginginkan agar para perwira tidak Gaptek terhadap perkembangan teknologi, namun dapat memanfaatkan sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan menggunakannya secara bertanggungjawab. Disamping penguasaan teknologi, saudara juga dituntut untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris karena kedepan dalam kehidupan yang semakin kompetitif, bahasa inggris mutlak diperlukan, sehingga, para perwira diharapkan mampu memperkuat diri dengan bahasa asing. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan mutu dan keluaran pendidikan, sehingga perlu kesungguhan, ketekunan dan rasa tanggung jawab para perwira siswa dan tenaga pendidik agar proses pendidikan dapat mencapai hasil yang optimal.

Walaupun pendidikan ini hanya berlangsung selama 2.5 bulan, belum tentu bisa memberikan jaminan bagi para perwira siswa untuk professional kalau tidak diimbangi dengan motivasi semangat untuk maju serta upaya belajar dan berlatih serta mencari berbagai pengalaman masing-masing. Oleh karena itu saya minta kepada para perwira siswa tidak berhenti untuk belajar dan berlatih pada setiap saat.

Sadangkan pada upacara pembukaan Pendidikan Pembentukan  Bintara Tahap I TNI AD TA.2011Komandan Pusat Pendidikan Topografi Kodiklat TNI Angkatan Darat Kolonel Ctp Drs. Heru Sri Widianto sebagai Inspektur Upacara membacakan Amanat  Dankodiklat TNI AD dalam amanatnya Dankodiklat TNI AD menekankan agar Bintara siswa segera dapat menyesuaikan diri dengan situasi dan kondisi lembaga pendidikan serta dapat mengkonsentrasikan diri untuk mengikuti pendidikan ini dengan sebaik-baiknya.

Pendidikan pembentukan Bintara yang akan dilaksanakan bertujuan untuk membentuk Bintara TNI AD yang memiliki sikap dan perilaku sebagai prajurit yang berjiwa Sapta Marga dan Sumpah Prajurit serta memiliki pengetahuan dan keterampilan dasar golongan Bintara dan Jasmani yang Samapta. Sebagai prajurit yang memulai karier dari golongan tamtama, kalian telah memiliki pengalaman tugas yang beragam, ditinjau dari tempat dan bidang penugasan, baik di Satpur TNI Angkatan Darat. Pendidikan yang kalian ikuti saat ini merupakan kesempatan untuk peralihan menjadi prajurit Bintara. Oleh karena itu jadikanlah kesempatan berharga ini untuk semakin melengkapi pengetahuan dan pengalaman tugas yang telah diperoleh sebelumnya. Seorang bintara adalah merupakan tulang punggung satuan dan ujung tombak pimpinan terdepan, yang senantiasa berhubungan langsung dan mempunyai tanggung jawab terhadap anak buah. Sebagai pimpinan terdepan, kalian harus memahami dan menyadari bahwa seorang pimpinan adalah sosok panutan bagi anak buah dan lingkungannya, yang senatiasa harus memberi teladan dalam berfikir, bersikap dan bertindak didasari integritas yang  baik. Mencermati laju perkembangan ilmu pengetahuan dan tehnologi yang pesat hendaknya para siswa tanggap dengan perubahan yang terjadi disekitarnya, karena jika tidak kita akan ketinggalan dan menjadi tidak professional dan akhirnya akan bermuara pada kegagalan dalam melaksanakan tugas.

            Oleh karena itu, siapkan dirimu dalam mengikuti pendidikan ini guna menggali ilmu pengetahuan dan ketrampilan serta olah keprajuritan yang akan diberikan oleh guru militer dan pelatih, sebagai bekal dalam tugas mendatang ingat kesempatan yang sama tidak akan terulang kembali.

Terakhir diperbaharui Rabu, 16 Maret 2011 12:21
 
MAKO PUSDIKTOP :    Jl. Sariwangi No.69 Bandung tlp. (022) 6651575
SATDIKPA :   Jl. Sariwangi No.69 Bandung tlp. (022) 6651575
SATDIK BATA :   Jl. Sidikoro No.1 Surakarta tlp. (0271) 647552
Valid XHTML & CSS | Copyright pusdiktop.mil.id